close
Home » Kesehatan » 11 Fakta Mengejutkan Tentang Saudara Kembar

11 Fakta Mengejutkan Tentang Saudara Kembar

saudara kembar

Mayoritas anak kembar adalah kembar fraternal (kembar yang terlihat berbeda satu sama lain). Pelajari lebih lanjut tentang saudara kembar, bagaimana mereka terbentuk hingga bagaimana mereka berhubungan satu sama lain, serta bagaimana mereka berbeda dari kembar identik.

1. Mereka Tumbuh Dari 2 Telur dan Sperma Yang Terpisah

Saudara kembar masing-masing berasal dari telur dan sperma mereka sendiri. Istilah untuk ini adalah dizygotic, sedangkan kembar identik adalah monozigot. “Di” berarti dua dan “mono” berarti satu. Zigotik mengacu pada zigot, sel telur yang dibuahi oleh sperma yang akan berkembang menjadi embrio dan tumbuh menjadi bayi. Kembar monozigot berasal dari satu sel telur dan sperma yang terbelah dua setelah pembuahan.

2. Jenis Kelamin Mereka Bisa Berbeda atau Sama

Karena kembar fraternal berasal dari konsepsi yang terpisah, mereka bisa lahir sebagai laki-laki, perempuan, atau jenis kelamin yang sama. Kromosom dari sperma sang ayah menentukan jenis kelamin. XX untuk anak perempuan dan XY untuk anak laki-laki. Akibatnya, kemungkinan kembar fraternal menghasilkan anak laki-laki, perempuan, atau kombinasi, sama halnya dengan bayi lainnya. (Di sisi lain, kembar monozigot (identik) selalu berjenis kelamin sama, baik dua perempuan atau dua laki-laki.)

3. Mereka Hanya Secara Genetis Mirip Seperti Saudara-Saudara Lainnya

Sama seperti saudara dan saudari mana pun, saudara kembar fraternal akan berbagi sekitar 50% dari DNA mereka. Setiap orang menerima setengah dari DNA mereka dari sel telur Ibu dan separuh lainnya dari sperma ayah, sehingga setiap keturunan akan memiliki kualitas yang tumpang tindih. Tapi mereka secara genetik tidak sama, beda halnya dengan kembar identik.

4. Mereka Bisa Berbeda Atau Sama Dalam Tingkah Dan Rupa nya

Kembar monozigot disebut “identik” karena mereka sering memiliki penampilan dan karakteristik yang sangat mirip, yang berasal dari fakta bahwa mereka memiliki DNA yang identik.

Sebaliknya, saudara kembar fraternal sama seperti dua saudara kandung lainnya. Meskipun bisa terlihat sangat berbeda. Mereka dapat memiliki warna rambut, warna mata, tinggi badan, dan kepribadian yang berbeda. Atau, mereka mungkin memang sangat mirip sehingga mereka dianggap identik, sama seperti beberapa saudara kandung akan sangat sulit dibedakan, jika pada usia yang sama.

Anak Kembar dan kelipatannya juga dibentuk oleh lingkungan mereka setelah mereka lahir, dan beberapa kesamaan ditingkatkan karena mereka dibesarkan di rumah yang sama, berbagi pengalaman yang sama, dan dididik di sekolah yang sama pada waktu yang sama.

5. Mereka Memiliki 2 Plasenta

Selama kehamilan, plasenta memberikan makanan vital bagi bayi. Pada kehamilan ganda dengan kembar fraternal, plasenta berkembang untuk setiap bayi. Namun terkadang, kedua plasenta bersatu dan tampak sebagai satu plasenta tunggal. Karena beberapa kembar monozigot memiliki satu plasenta, hal ini dapat membuatnya sulit untuk menentukan zigositas dalam rahim. Karena mereka memiliki plasenta sendiri, kembar fraternal tidak berisiko terhadap beberapa kondisi yang memengaruhi kembar monozigot, seperti TTTS atau kembar monoamniotik.

6. Kembar Bisa Dikarenakan Keturunan

Kembar fraternal terjadi ketika lebih dari satu sel telur dibuahi. Biasanya, satu telur dikeluarkan dari indung telur setiap bulan, tetapi terkadang bisa lebih dari satu. Beberapa wanita melepaskan banyak sel telur dalam setiap siklus, suatu kondisi yang disebut hiperovulasi. Wanita yang hiperovulasi lebih cenderung memiliki saudara kembar.

Kecenderungan ke arah hiperovulasi bisa menjadi sifat genetik. Dengan cara ini, saudara kembar bisa terjadi secara turun temurun. Seorang wanita yang memiliki gen untuk hiperovulasi dapat mewariskannya kepada putrinya. Yang pada akhirnya, peluang anak perempuan itu untuk memiliki anak kembar pun meningkat.

Karena laki-laki membawa kedua kromosom X (perempuan) dan Y (laki-laki), mereka juga dapat memiliki sifat untuk hiperovulasi dan meneruskannya kepada anak perempuan mereka, meningkatkan peluang anak perempuan mereka untuk memiliki saudara kembar fraternal.

Namun, memiliki gen untuk hiperovulasi tidak meningkatkan peluang seorang pria untuk menjadi ayah dari saudara kembar fraternal. Seorang pria membawa gen nya, tetapi hal itu tidak mengubah pola ovulasi sang ibu dari anak-anaknya. Dia memiliki gen sendiri yang mengatur ovulasi. Sebaliknya, putrinya lah yang akan mewarisinya melalui gennya. Itulah sebabnya anak kembar terkadang dianggap sebagai “melewatkan satu generasi.”

7. Mereka Dapat Dikandung pada Waktu yang Berbeda dan oleh Ayah yang Berbeda

Biasanya, satu sel telur dikeluarkan saat ovulasi. Tetapi dalam kasus hiperovulasi, banyak sel telur dikeluarkan. Terkadang hal itu terjadi dengan selang waktu beberapa hari di antaranya. Setelah satu sel telur dibuahi dan mulai melakukan perjalanan ke rahim untuk implantasi, sel telur lainnya dibuahi oleh sperma dari insiden hubungan seksual lainnya. Hasilnya adalah kembar fraternal yang sebenarnya dikandung beberapa hari terpisah. Fenomena ini dikenal sebagai superfetasi.

Bahkan ada contoh saudara kembar fraternal dengan ayah yang berbeda. Hal ini terjadi ketika seorang wanita melepaskan banyak sel telur dan melakukan hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan. Jika telur dibuahi oleh sperma dari satu pria, dan kemudian telur lain dibuahi oleh sperma dari pria lain, hasilnya adalah kembar fraternal dengan ayah yang berbeda. Fenomena ini disebut superfundundation.

8. Tingkat Kembar Fraternal Bervariasi Dalam Populasinya

Studi populasi menunjukkan bahwa beberapa kelompok orang memiliki anak kembar jauh lebih sering, sedangkan anak kembar jarang terjadi di antara kelompok lainnya. Sebuah studi pada tahun 2011 menunjukkan bahwa tingkat kembaran tertinggi ditemukan pada populasi Afrika Tengah, dengan negara Benin menghasilkan kembar terbanyak. Asia dan Amerika Latin memiliki tingkat kelahiran kembar terendah.

9. Mereka Bisa Jadi Hasil Dari Perawatan Kesuburan

Karena teknologi medis membuat perawatan peningkatan kesuburan lebih mudah diakses, angka kelahiran kembar meningkat tajam pada akhir abad ke-20. Perawatan kesuburan, semacam obat-obatan seperti Clomid atau prosedur seperti fertilisasi in-vitro (IVF), terkadang menghasilkan kembar atau kelipatannya, dengan sebagian besar kelahiran kembar adalah dizygotic. Beberapa contoh kembaran monozigot memang terjadi pada fertilisasi IVF.

10. Faktor Kehamilan Bisa Menyebabkan Kembar Fraternal

Kelahiran anak kembar bisa dipengaruhi oleh kesehatan dan kebiasaan Anda selama kehamilan. Sementara saudara yang bukan saudara kembar masing-masing akan memiliki lingkungan kehamilan yang berbeda, anak kembar anda bisa memiliki risiko kesehatan yang meningkat atau menurun tergantung lingkungan selama kehamilan.

Mengandung anak kembar membuat tubuh Anda melakukan kerja lebih keras dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Anda memiliki risiko lebih besar terkena hipertensi, preeklampsia, diabetes gestasional kehamilan, dan kondisi lainnya. Ada juga kemungkinan kelahiran prematur yang lebih tinggi, dan kembar fraternal, serta kembar identik, akan memiliki risiko yang sama.

11. Mereka Bisa Dikarenakan Berbagai Macam Faktor

Banyak faktor yang mempengaruhi kelahiran kembar hanya berdampak pada saudara kembar. Hal ini karena faktor-faktor ini dapat mendorong hiperovulasi, mendorong pelepasan lebih dari satu telur per siklus dan meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar.

Keturunan, usia ibu, berapa banyak anak lain yang Anda lahirkan, memiliki tinggi badan yang tinggi, dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi, semuanya dikaitkan dengan peningkatan risiko memiliki saudara kembar. Penggunaan pil KB, asam folat, hal ini tidak akan meningkatkan kehamilan anak kembar.

Artikel Terkait

12 Fakta Mengejutkan Tentang Kentut

FPadmin

Fakta Mengejutkan Tentang Hubungan Seks

FPadmin

10 Minyak Anti Penuaan Luar Biasa Untuk Kulit Sehat Dan Tampak Lebih Muda

FPadmin

3 Masakan Panggang Yang Ramah Untuk Kaum Vegan

FPadmin

Cara Ekstrim Untuk Berhenti Merokok

FPadmin

20 Fakta Yang Tidak Anda Ketahui Tentang Bunga Kemboja

FPadmin

Beri Komentar

* Email anda tidak akan dipublikasikan

* Dengan menggunakan kolom komentar ini anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data anda oleh situs ini.

Situs ini menggunakan cookie untuk meningkatkan performa anda di situs ini. Kami anggap anda setuju dengan hal ini. OK LEBIH LANJUT