close
Home » Musik » 15 Fakta Menarik Tentang Band Van Halen

15 Fakta Menarik Tentang Band Van Halen

eddie van halen

Ketika Van Halen memasuki dunia musik di California Selatan pada tahun 1970-an, semenjak itu musik rock and roll selamanya berubah. Dari bermain di atas bak truk, pesta di halaman belakang hingga menjadi band utama di festival-festival besar. Amerika selalu menjadi panggung mereka, dan 56 juta album yang terjual di AS sebagai buktinya.

Berikut adalah 15 fakta menarik tentang Van Halen.

  1. Eddie Van Halen ternyata tidak bisa membaca notasi musik. Dari pelajaran piano pertamanya pada usia enam tahun, kegemaran Eddie pada pertunjukan musik sudah terlihat jelas. Dia berusaha dengan susah payah menghafal gerakan jari guru musiknya, memfokuskan telinganya dan bermain sampai dia bisa mendengar rekaman dan memutar ulang not demi not. Eddie mengakui bahwa bertahun-tahun lamanya sebelum ada yang curiga bahwa dia sebenarnya tidak bisa membaca notasi musik sama sekali.
  2. Van Halen terdaftar dalam Guinness Book of World Records. Pada musim semi tahun 1983, Van Halen menjadi band utama di Festival AS di San Bernadino. Mereka tampil pada acara “Heavy Metal Day” dengan bayaran menggiurkan sebesar 1,5 juta dolar. Guinness Book of World Records menciptakan kategori baru hanya untuk mereka, yaitu penampilan tunggal dengan bayaran tertinggi dari sebuah band.
  3. Alex dan Eddie Van Halen adalah satu-satunya anggota yang sangat konsisten. Anggota lain yang telah bergabung termasuk David Lee Roth, Michael Anthony, Sammy Hagar, Gary Cherone, Mitch Malloy, Mark Stone, dan Wolfgang Van Halen.
  4. Pada awalnya mereka tidak dikenal sebagai Van Halen. Dimulai sebagai The Broken Combs, mereka kemudian merubahnya menjadi The Space Brothers, lalu The Trojan Rubber Company, dan kemudian Genesis. Setelah mengetahui bahwa nama Genesis sudah digunakan, mereka mengubah nama band mereka lagi menjadi Mammoth. Akhirnya, pada tahun 1974, band secara resmi menggunakan nama Van Halen (meskipun tadinya nama Daddy Longlegs dan Van Hagar sempat diusulkan).
  5. Gene Simmons memproduseri rekaman demo pertamanya. Setelah DJ radio Rodney Bingenheimer melihat band tersebut tampil di Gazzari’s di Sunset Strip, dia mengundang rekan pimpinan KISS Gene Simmons ke pertunjukan mereka berikutnya. Simmons kemudian memproduksi demo tape Van Halen, yang kemudian dia bawa ke tim manajemennya yang menolak band tersebut.
  6. Meskipun sekarang dianggap sebagai salah satu gitaris terbaik sepanjang masa, Eddie Van Halen awalnya seorang drummer. Ketika para saudaranya mulai bermain bersama pada tahun 1960-an, Eddie memainkan drum sementara Alex bermain gitar. Eddie menyarankan untuk bertukar instrumen setelah dia mengetahui bahwa kakak laki-lakinya diam-diam memainkan drumnya saat dia bekerja.
  7. Pada tahun 1984, Van Halen meraih lima kali platinum hanya dalam satu tahun setelah rilis. Bergaya sebagai MCMLXXXIV, album studio keenam Van Halen menuai pujian nasional. Album itu adalah album terakhir David Lee Roth sampai akhirnya keluar dari band pada tahun 2012.
  8. David Lee Roth meninggalkan band untuk membuat sebuah film. Kepergian Roth dari Van Halen semata-mata dilakukan agar dia dapat mencoba bisnis film. CBS Studios dikatakan memberi musisi itu sebanyak 10 juta dolar untuk menulis, mengarahkan, dan membintangi Crazy From the Heat, sebuah film yang memiliki nama yang sama dengan album solo debut Roth. Sayangnya, proyek tersebut gagal.
  9. Album 5150 diberi nama berdasarkan kode polisi. Berdasarkan Kode Kesejahteraan dan Lembaga California, “5150” mengacu pada orang yang mengalami gangguan mental.
  10. Seorang Mahasiswa dikeluarkan dari kampusnya dikarenakan menulis esai tentang “Hot for Teacher”. Pada tahun 2011, mahasiswa Universitas Oakland Joseph Corlett menulis tesis tentang profesornya berdasarkan lagu yang tidak pantas. Ketika sekolah mengambil tindakan, Corlett yang berusia 56 tahun menggugat mereka sebesar 2,2 juta dolar, menyatakan bahwa mereka melanggar haknya untuk kebebasan berbicara.
  11. Sammy Hagar ingin menamai album kesembilan band itu dengan nama F***. Dia bermaksud ingin membahas masalah panas di Amerika saat itu, yaitu masalah sensor. Hagar memiliki harapan untuk memasukkan kata umpatan dalam judul album bandnya yang akan datang. Pada akhirnya, f-word menjadi akronim dari album terakhir mereka: For Unlawful Carnal Knowledge.
  12. Istilah gitar “brown sound” berasal dari permainan drum Alex. Nada gitar unik Eddie telah mendapatkan reputasi yang signifikan di dunia rock and roll. Dalam satu wawancara, dia mengatakan bahwa tujuannya adalah agar terdengar seperti jerat Alex: hangat, besar, agung, dan cokelat. Deskripsi ini sangat melekat dengan pemain gitar, dan istilah ini banyak digunakan saat ini.
  13. Untuk menghasilkan intro untuk “Poundcake,” Eddie memegang sebuah bor listrik sebagai pick gitarnya. Rupanya, hal itu benar-benar sebuah kebetulan. Seorang pekerja bangunan secara tidak sengaja meninggalkan alat itu di studio, dan setelah mengambilnya, Eddie menyadari bahwa alat itu memiliki kunci suara yang sama persis dengan lagu itu. Yang pada akhirnya dia menggunakan bor listrik itu setiap kali Van Halen memainkan “Poundcake” secara langsung.
  14. “Jump” adalah satu-satunya lagu nomer satu mereka yang paling terkenal, konon katanya lagu hanya membutuhkan waktu satu hari untuk menyelesaikannya. Lagu ini naik ke puncak Billboard Hot 100, yang akhirnya mendapatkan nominasi Grammy untuk Van Halen, dan terdaftar sebagai sebagai salah satu dari 500 lagu yang membentuk Rock and Roll oleh The Rock and Roll hall of Fame and Museum.
  15. Eddie terdaftar sebagai penemu pada tiga paten di AS. Yang paling menarik adalah sebuah papan pendukung yang menempel di bagian belakang gitar, menahannya sejajar dengan lantai selama pertunjukan, posisi yang sempurna untuk teknik mengetuk jarinya yang terkenal.

Artikel Terkait

9 Fakta Luar Biasa Tentang Billie Eilish

FPadmin

24 Fakta Tentang Shawn Mendes Untuk Para Fansnya

FPadmin

Keyboard Elektronik – Sejarah dan Perkembangannya

FPadmin

7 Fakta Menarik Tentang Biola Yang Harus Anda Ketahui

FPadmin

Beri Komentar

* Email anda tidak akan dipublikasikan

* Dengan menggunakan kolom komentar ini anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data anda oleh situs ini.

Situs ini menggunakan cookie untuk meningkatkan performa anda di situs ini. Kami anggap anda setuju dengan hal ini. OK LEBIH LANJUT