close
Home » DIY » Cara Membuat Tembok Yang Ditampilkan Bata Merahnya

Cara Membuat Tembok Yang Ditampilkan Bata Merahnya

bata merah

Mudah saja, tinggal rapihkan semen nya untuk finishing, itu jika temboknya dibangun dari nol. Tapi jika tembok sudah ada sebelumnya dengan seperti biasanya memakai plaster, berikut cara yang bisa anda lakukan :

Yang Anda butuhkan:

  • Pemahat bata
  • Linggis kecil
  • Lembaran plastik
  • Sikat pembersih
  • Sealer bata
  • Masker debu & pelindung mata

Langkah 1

Lembaran pelindung. Seperti yang dapat Anda bayangkan, melepas plester dari dinding bata Anda adalah pekerjaan yang sudah pasti meninggalkan banyak sampah. Hal ini sangat penting dilakukan jika Anda memiliki rumah tua dengan dengan tembok plester. Meskipun mungkin terlihat seperti pekerjaan yang mudah, alangkah baiknya menggunakan lembaran plastik (sebagai alas untuk tetesan cat), dan juga menempatkannya ke dinding dan langit-langit Anda untuk benar-benar menutup area tempat Anda bekerja. Juga sangat disarankan untuk mengenakan masker untuk melindungi paru-paru Anda dari debu plester, dan bahkan pelindung mata, karena debu dapat dengan mudah membuat mata anda terkena iritasi.

Langkah 2

Buat lubang kecil pada plester menggunakan pahat bata Anda. Hal ini bermaksud untuk mengekspos area kecil pada bata, untuk melihat apakah kualitas bata di dalamnya bagus atau tidak. Setelah membuat lubang kecil, Anda bisa menggunakan pahat atau linggis kecil untuk menghilangkan plester. Cukup ketuk ringan saja untuk melepas plesternya. Hati-hati jangan sampai merusak bata dengan pahat atau linggis dengan mengetuk terlalu keras. Ketika Anda sampai ke langit-langit dan dinding samping, pastikan Anda menghilangkan plester tanpa merusak plester yang ada di sebelahnya.

Langkah 3

Setelah semua bata terbuka, langkah selanjutnya adalah membersihkan bata. Beberapa orang menggunakan zat asam untuk melakukan ini, tetapi hal ini bisa membuat berantakan dan berbahaya dan tidak terlalu diperlukan. Cukup dengan air hangat dan sepon saja yang Anda butuhkan untuk membersihkan bata. Bersihkan debu dengan spons secara teratur, peras dalam ember. Ulangi 2 atau 3 kali sampai sebagian besar debu telah dihapus dari batu bata, dan jangan lupa untuk mengganti airnya. Jika ada celah atau lubang yang terlihat di bata, tambal dengan menggunakan semen. Retak dan lubang kecil tidak masalah, hanya tambal yang memang membuat penampilan jadi tidak bagus.

Langkah 4

Menyegel dinding. Berbagai jenis sealer dapat ditemukan untuk menyegel batu bata. Carilah sealer bata khusus antara gloss dan matte. Kebanyakan orang lebih memilih matte karena terlihat lebih alami. Ikuti instruksi pada kaleng sealernya untuk mengaplikasikan sealer, yang biasanya menyarankan untuk melapisi batanya sebanyak 2 atau 3 kali. Sealer juga akan menggelapkan penampilan batu bata dari setiap lapisannya.

Artikel Terkait

5 Resep Masakan Bahan Ayam Yang Mudah Dan Lezat

FPadmin

Tiga Langkah Bagaimana Panel Surya Bekerja Untuk Menghasilkan Energi Matahari

FPadmin

Kembangkan Belas Kasih Terhadap Diri Sendiri

FPadmin

7 Fakta Singkat Tentang Ayunan Golf

FPadmin

Cara Ekstrim Untuk Berhenti Merokok

FPadmin

Resep Baru Masakan Unik Yang Dapat Anda Buat Dengan Panggangan

FPadmin

Beri Komentar

* Email anda tidak akan dipublikasikan

* Dengan menggunakan kolom komentar ini anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data anda oleh situs ini.

Situs ini menggunakan cookie untuk meningkatkan performa anda di situs ini. Kami anggap anda setuju dengan hal ini. OK LEBIH LANJUT