close
Home » Kesehatan » Fakta Penting Tentang Norovirus Yang Harus Anda Ketahui

Fakta Penting Tentang Norovirus Yang Harus Anda Ketahui

norovirus

Apa itu Norovirus?

Norovirus adalah virus yang sangat menular, dan siapa saja dapat tertular, anak-anak atau dewasa. Norovirus adalah penyebab utama masalah gastrointestinal. “Norovirus adalah penyebab paling umum dari gastroenteritis virus epidemi di dunia.” kata Shane Eikenberry, MD, dari Greater Pittsburgh Medical Associates-UPMC.

Wabah virus biasa terjadi karena menyebar dengan sangat mudah dan cepat. Namun, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) melaporkan bahwa penyakit tersebut paling sering terjadi antara bulan November dan April. Seseorang dengan penyakit ini bisa menularkan ketika mereka memiliki gejalanya atau beberapa hari setelah mereka membaik.

Bagaimana Anda Tertular Norovirus?

Virus menyebar dalam partikel mikroskopis dari kotoran (feces) atau muntahan dari orang yang terinfeksi. Hanya beberapa partikel saja dapat membuat seseorang menjadi sakit. Menurut CDC, penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak langsung, mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi, atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mulut Anda.

Gejala-gejala Norovirus

Penyakit ini menyerang perut Anda. Norovirus menyebabkan muntah, diare, dan mual. Jika Anda mengalami gejala ini, ada baiknya untuk diam di rumah, sambil memantau gejala Anda, dan minum banyak air. Dehidrasi bisa menjadi masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

Pilihan Pengobatan Untuk Norovirus

Belum ada pengobatan khusus untuk norovirus menurut CDC. Antibiotik saja tidak membantu karena hanya mengobati penyakit bakteri, bukan penyakit virus. Namun, jika Anda terjangkit virus, dokter kemungkinan besar akan merekomendasikan minum banyak air agar tetap terhidrasi dan mengganti cairan yang hilang karena muntah dan diare.

Dehidrasi parah bisa berbahaya dan bisa menyebabkan anda dirawat di rumahs akit. Jika hal ini terjadi, ahli perawatan kesehatan akan memberikan cairan secara intravena untuk merehidrasi tubuh Anda secepat mungkin. Tanda-tanda dehidrasi pada anak antara lain rewel, kantuk yang tidak biasa, dan menangis tanpa air mata. Pada orang dewasa, tanda-tanda dehidrasi antara lain, urine sangat gelap, detak jantung cepat, pusing, kantuk, dan pingsan.

Mencegah Tertular Norovirus

Menghindari virus adalah cara terbaik untuk mencegah tertularnya penyakit ini. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk sering mencuci tangan, membilas buah dan sayuran sebelum memakannya, dan memasak kerang dengan sangat matang jika anda sering mengkonsumsinya. Jika Anda merasa sakit, jauhi pekerjaan dan aktivitas sosial hingga dua hari setelah gejala Anda berakhir. Selain itu, hindari membuat makanan untuk keluarga dan teman hingga dua hari setelah gejala berakhir untuk melindungi mereka dari tertularnya penyakit ini.

Artikel Terkait

10 Minyak Anti Penuaan Luar Biasa Untuk Kulit Sehat Dan Tampak Lebih Muda

FPadmin

Beberapa Fakta Menarik Tentang Menopause

FPadmin

Fakta Dan Statistik Tentang Radang Otak

FPadmin

Fakta Candida dan Minyak Kelapa Sebagai Penyembuhnya

FPadmin

Hidup Sehat – Haruskah Anda Mencoba Teknologi Detox?

FPadmin

Cara Luar Biasa Untuk Memelihara Kulit Anda

FPadmin

Beri Komentar

* Email anda tidak akan dipublikasikan

* Dengan menggunakan kolom komentar ini anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data anda oleh situs ini.

Situs ini menggunakan cookie untuk meningkatkan performa anda di situs ini. Kami anggap anda setuju dengan hal ini. OK LEBIH LANJUT