close
Home » Komputer » Metode dan Perlindungan Terhadap Peretasan Komputer

Metode dan Perlindungan Terhadap Peretasan Komputer

perlindungan komputer

Melindungi komputer Anda dari berbagai macam peretasan dengan melindunginya dari virus yang secara disengaja atau tidak disengaja Anda undang ke dalam komputer Anda yang kemudian menyebabkan kerusakan. Anti-hack adalah tentang melindungi komputer Anda dari serangan peretasan yang dengan sengaja mencoba masuk ke komputer Anda untuk menyebabkan kerusakan dan mencuri data Anda.

Perangkat lunak anti-Hack sekarang banyak dijual selain perangkat lunak anti-virus. Produk-produk ini melindungi Anda dengan cara yang tidak dimiliki oleh perangkat lunak anti-virus. Berikut ini beberapa contohnya.

Serangan DoS (Denial of Service)

Serangan DoS terjadi ketika terlalu banyak lalu lintas yang diarahkan ke situs web perusahaan Anda secara sekaligus. Server web pada dasarnya ‘tersedak’ pada jumlah lalu lintas yang mencoba masuk ke perangkat keras jaringan itu. Skrip serangan mudah didapatkan dan Anda tidak perlu menjadi insinyur berpengalaman untuk meluncurkan serangan. “Ransomeware” adalah istilah yang relatif baru, tetapi semakin banyak terlihat belakangan ini, dikarenakan untuk menghilangkan virus tersebut, anda diharuskan membayar tebusan sejumlah uang.

Serangan SNMP (Simple Network Management Protocol)

Tim Teknik dan Respons Keamanan Prolexic Akamai (PLXsert) baru-baru ini mengeluarkan peringatan peringatan ancaman serangan DDoS (Distributed Denial of Service) yang menyalahgunakan antarmuka Simple Network Management Protocol (SNMP). Kampanye serangan PLXsert SNMP DDoS menargetkan berbagai industri termasuk produk konsumen, game, hosting, organisasi nirlaba, dan perangkat lunak sebagai layanan, terutama di AS (49,9%) dan Cina (18,49%).

Para penyerang menggunakan alat online yang diposting oleh kelompok peretas ‘Team Poison’. Gelombang serangan terbaru ini menargetkan perangkat yang menjalankan SNMP yang secara default terbuka untuk Internet publik kecuali fitur itu dinonaktifkan secara manual. Perangkat lunak anti-hack sekarang sedang dibuat yang dapat membantu mencegah serangan SNMP seperti ini dengan mencegah penyerang memaksa jaringan beralih ke gateway sekunder.

Serangan SYN / AWK

Yang satu ini sedikit rumit tetapi pada dasarnya serangan SYN mirip dengan serangan Denial of Service karena ada permintaan yang dibuat ke server web yang mengikat sumber dayanya dan membuatnya tidak tersedia untuk koneksi lain. Ketika komputer atau browser web mencoba terhubung ke situs web, yang disebut dengan jabat tangan 3 arah, digunakan untuk membuat koneksi antara dua komputer. Dalam serangan SYN / AWK, komputer menjulurkan tangannya (1 arah), server menjangkau untuk menanganinya (2 arah) tetapi tangan yang ditawarkan segera ditarik. Server menunggu tangan untuk kembali sampai ‘time-out’ dan kemudian siklus berulang jutaan kali. Pada akhirnya, jabat tangan 3 arah tidak pernah dibuat dan semua koneksi lainnya ditolak saat hal ini terjadi.

Serangan USB Auto-Run

Secara defaultnya, Windows langsung menjalankan semua file yang dapat dieksekusi, program, atau skrip pada drive USB ketika dimasukkan ke komputer atau laptop. Hal ini berarti bahwa siapa pun yang memasang virus atau program key-logger atau backdoor, dapat berjalan melewati komputer mana pun. Hanya dalam dua detik setelah USB dimasukan, maka virus atau key-logger langsung bekerja untuk merusak atau mencuri data pada komputer atau laptop anda. Perangkat lunak anti-virus mengetahui hal ini dan akan mencoba untuk memblokir kerentanan yang terdeteksi.

Koneksi Jarak Jauh

Kebanyakan sistem operasi komputer mempunyai fitur koneksi jarak jauh, hal ini dibuat untuk mempermudah akses ke komputer anda ketika anda berada jauh dari komputer anda, atau ketika anda sedang berada diluar kota ataupun sedang liburan.

Hal ini juga dirancang untuk teknisi pelayanan bantuan perusahaan sistem operasi untuk terhubung dengan cepat dan mudah tanpa banyak masalah otentikasi. Menutup fitur-fitur ini akan membantu melindungi sistem Anda dari gangguan eksternal. Jika Anda membutuhkannya kembali, Anda dapat mengaktifkannya kembali.

Inventaris Program Microsoft:

Pada Windows 7, Microsoft secara diam-diam memperkenalkan fitur yang mereka sebut ‘Program Inventory’. Kutipan langsung dari Microsoft menyatakan: “Program inventaris PDU dan file pada sistem yang mengirimkan informasi tentang file-file itu ke Microsoft”. Anda tidak hanya terus-menerus mengirimkan informasi tentang setiap program yang diinstal pada mesin Anda, tetapi juga informasi tentang setiap file yang dapat dibuka oleh suatu program. Baca kutipan itu lagi: Microsoft ‘menginventarisir semua program dan file di sistem Anda’ .

Tetapi mereka tidak memberi tahu Anda sebelum menerapkannya. Anda akan terkejut dengan apa yang mereka lakukan dengan Windows 8 dan terutama jika anda upgrade ke Windows 10. Temukan fitur ini di pengaturan sistem Anda untuk mematikan fiturnya jika Anda ingin melindungi privasi informasi Anda.

Kesimpulan

Meskipun tidak ada sistem yang dapat sepenuhnya 100% aman terhadap ancaman komputer yang berkembang dengan cepat saat ini, sama sekali tidak ada alasan untuk tidak melindungi perangkat keras anda. Tujuannya adalah untuk membuatnya lebih sulit bagi para penyusup.

Windows 10 sangat rentan dan ada banyak pengaturan yang harus anda pertimbangan untuk mematikannya dengan tujuan untuk melindungi perangkat keras dan data anda lebih jauh lagi, jadi pastikan untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini. Banyak panduan yang bisa diterapkan di youtube untuk hal ini, atau anda bisa mencarinya sendiri di Google.

Singkatnya, ada alasan mengapa peretasan meningkat secara global. Orang-orang menyadari betapa mudahnya sekarang untuk mendapatkan kendali atas komputer Anda, ketika orang mengakali celah yang terbuka dan tersedia untuk diakses.

Artikel Terkait

Cegah Kehilangan Data Komputer Anda Dari 5 Penyebab Umum Ini

FPadmin

Beberapa Jenis Game Komputer Yang Harus Anda Ketahui

FPadmin

Manfaat Mengambil Kursus Komputer Bagi Pelajar

FPadmin

Fakta-fakta dan Fitur Notebook

FPadmin

Beberapa Fakta Dan Statistik Tentang Epic Games

FPadmin

Mouse Komputer Anda Bukan Sekedar Mouse

FPadmin

Beri Komentar

* Email anda tidak akan dipublikasikan

* Dengan menggunakan kolom komentar ini anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data anda oleh situs ini.

Situs ini menggunakan cookie untuk meningkatkan performa anda di situs ini. Kami anggap anda setuju dengan hal ini. OK LEBIH LANJUT