close
Home » Teknologi » Segala Yang Perlu Anda Ketahui Tentang USB

Segala Yang Perlu Anda Ketahui Tentang USB

usb

USB, kependekan dari Universal Serial Bus, adalah jenis koneksi standar untuk berbagai jenis perangkat.

Umumnya, USB mengacu pada jenis kabel dan konektor yang digunakan untuk menghubungkan banyak jenis perangkat eksternal ke komputer.

Lebih Jauh Tentang USB

Port dan kabel USB digunakan untuk menghubungkan perangkat keras seperti printer, pemindai, keyboard, mouse, flash drive, hard drive eksternal, joystick, kamera, dan lainnya ke semua jenis komputer, termasuk desktop, tablet, laptop, netbook, dll.

Faktanya, USB telah menjadi sangat umum sehingga Anda akan menemukan koneksi ini tersedia di hampir semua perangkat seperti komputer, konsol video game, peralatan audio / visual rumah, dan bahkan di dalam mobil.

Banyak perangkat portabel, seperti smartphone, pembaca e-book, dan tablet kecil, menggunakan USB terutama untuk pengisian daya. Pengisian daya USB telah menjadi sangat umum sehingga sekarang mudah untuk menemukan sumber daya hanya dengan colokan USB, sehingga tidak memerlukan adapter nya lagi.

Berbagai Versi USB

Ada beberapa standar USB yang paling utama, versi USB4 adalah yang terbaru:

  • USB4: Berdasarkan spesifikasi Thunderbolt 3, USB4 mendukung kecepatan sebesar 40 Gbps (40.960 Mbps).
  • USB 3.1: Disebut dengan Superspeed+, perangkat yang mendukung USB 3.1 dapat mentransfer data dengan kecepatan 10 Gbps (10.240 Mbps).
  • USB 3.0: Disebut dengan SuperSpeed USB, perangkat yang kompatibel dengan USB 3.0 dapat mencapai tingkat transmisi maksimum sebesar 5 Gbps (5.120 Mbps).
  • USB 2.0: Disebut dengan High-Speed USB, perangkat yang sesuai dengan USB 2.0 dapat mencapai tingkat transmisi maksimum sebesar 480 Mbps.
  • USB 1.1: Disebut dengan Full Speed USB, perangkat USB 1.1 dapat mencapai tingkat transmisi maksimum sebesar 12 Mbps.

Sebagian besar perangkat dan kabel USB saat ini menggunakan USB 2.0, tetapi penggunaan USB 3.0 semakin meningkat.

Bagian-bagian dari sistem yang terhubung dengan USB, termasuk host (seperti komputer), kabel, dan perangkat, semua dapat mendukung standar USB yang berbeda selama mereka kompatibel secara fisik. Namun, semua bagiannya harus mendukung standar yang sama jika Anda ingin mencapai kecepatan data maksimum yang memungkinkan.

Berbagai Macam Konektornya

  • USB Type C: Sering disebut dengan USB-C, colokan dan stopkontak ini berbentuk persegi panjang dengan empat sudut bulat. Hanya stopkontak dan colokan USB 3.1 Tipe C yang ada di pasaran tetapi adaptor untuk kompatibilitas versi sebelumnya hanya tersedia dengan konektor USB 3.0 dan 2.0.
  • USB Type A: Secara resmi disebut USB Standard-A, colokan dan stopkontak ini berbentuk persegi panjang dan merupakan konektor USB yang paling umum dilihat. USB 1.1 Tipe A, USB 2.0 Tipe A dan USB 3.0 Tipe A colokan dan stopkontaknya kompatibel secara fisik.
  • USB Type B: Secara resmi disebut USB Standard-B, colokan dan stopkontak ini berbentuk persegi dengan lekukan ekstra di bagian atas, paling terlihat pada konektor USB 3.0 Tipe B. USB 1.1 Tipe B dan USB 2.0 Tipe B colokan secara fisik kompatibel dengan stopkontak Tipe 3.0 USB tapi colokan USB 3.0 Tipe B tidak kompatibel dengan colokan USB 2.0 Tipe B atau USB 1.1 Tipe B.
    • Konektor USB Powered-B juga termasuk dalam standar USB 3.0. Wadah ini kompatibel secara fisik dengan colokan USB 1.1 dan USB 2.0 Standard-B, dan juga colokan USB 3.0 Standard-B dan colokan Powered-B.
  • USB Micro-A: USB 3.0 Micro-A colokannya terlihat seperti dua colokan persegi panjang yang berbeda menyatu bersama, salah satunya sedikit lebih panjang dari yang lain. Colokan USB 3.0 Micro-A hanya kompatibel dengan soket USB 3.0 Micro-AB.
  • USB 2.0 Micro-A colokannya sangat kecil dan berbentuk persegi panjang, mirip dengan steker USB Tipe A yang menyusut. Colokan USB Micro-A secara fisik kompatibel dengan soket USB 2.0 dan USB 3.0 Micro-AB.
  • USB Micro-B: Colokan USB 3.0 Micro-B terlihat hampir identik dengan colokan USB 3.0 Micro-A karena colokan tersebut muncul sebagai dua colokan individual, tetapi terhubung. Colokan USB 3.0 Micro-B kompatibel dengan colokan USB 3.0 Micro-B dan colokan USB 3.0 Micro-AB.
    • Colokan USB 2.0 Micro-B sangat kecil dan berbentuk persegi panjang tetapi dua sudut di salah satu sisi panjangnya berbentuk miring. Colokan USB Micro-B kompatibel secara fisik dengan soket USB 2.0 Micro-B dan Micro-AB, serta soket USB 3.0 Micro-B dan Micro-AB.
  • USB Mini-A: Colokan USB 2.0 Mini-A berbentuk persegi panjang tetapi satu sisinya lebih bulat. Colokan USB Mini-A hanya kompatibel dengan wadah USB Mini-AB. Dan tidak ada konektor USB 3.0 Mini-A.
  • USB Mini-B: Colokan USB 2.0 Mini-B berbentuk persegi panjang dengan sedikit lekukan di kedua sisinya, hampir tampak seperti sepotong roti yang terulur ketika melihatnya secara langsung. Colokan USB Mini-B kompatibel secara fisik dengan soket USB 2.0 Mini-B dan Mini-AB. Dan tidak ada konektor USB 3.0 Mini-B.

Untuk lebih jelasnya, tidak ada colokan USB Micro-A atau USB Mini-A, hanya colokan USB Micro-A dan colokan USB Mini-A. Colokan “A” ini pas dengan wadah “AB”.

Artikel Terkait

Fakta Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kecerdasan Buatan

FPadmin

Fakta Penting Dan Pengetahuan Tentang Hard Drive

FPadmin

Sejarah Iphone Yang Belum Anda Ketahui

FPadmin

5 Penyedia VPN Terbaik Pada Tahun 2019

FPadmin

Fakta-fakta dan Fitur Notebook

FPadmin

Graphene, Material Baru Yang Luar Biasa

FPadmin

Beri Komentar

* Email anda tidak akan dipublikasikan

* Dengan menggunakan kolom komentar ini anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data anda oleh situs ini.

Situs ini menggunakan cookie untuk meningkatkan performa anda di situs ini. Kami anggap anda setuju dengan hal ini. OK LEBIH LANJUT