close
Home » Makanan & Minuman » Wonton – Fakta Menarik Tentang Pangsit Cina

Wonton – Fakta Menarik Tentang Pangsit Cina

pangsit cina

Wonton, atau pangsit Cina, adalah makanan pokok yang populer di Cina. Wonton berasal dari bahasa Kanton dan bukan Mandarin. Pangsit diperkenalkan ke negara Barat oleh para pemukim awal di Chinatown, yang terutama berasal dari kota-kota pesisir yang berbahasa Kanton di Cina Selatan.

Dalam bahasa Cina, wonton berarti “menelan awan“. Jika Anda terbiasa dengan seni Cina, Anda juga mungkin menemukan bahwa wonton, mengambang di kaldu, menyerupai motif “awan spiral” tradisional dalam kerajinan tangan Cina. Satu contoh terkenal yaitu obor untuk Olimpiade Beijing dikenal sebagai “Obor Lucky Cloud” dalam bahasa Cina.

Ada sedikit perbedaan dalam Wonton di setiap daerah di Cina, antara lain :

Wonton Kanton

Wonton Kanton memiliki pembungkus kuning (terbuat dari tepung dan telur) biasanya diisi dengan daging babi dan udang cincang. Biasanya disajikan dalam mie telur, jenis mie tipis, sangat kenyal (hampir seperti karet gelang) yang lazim di Cina Selatan. Menariknya, persiapan kaldu adalah seni tersendiri, semua toko pangsit terbaik memiliki resep rahasia sendiri untuk sajian supnya, tetapi secara umum, cangkang udang dipercaya sebagai bahan utama.

Wonton Shanghai

Jenis pangsit Cina ini memiliki bungkus putih, lebih tebal (hanya terbuat dari tepung) dan isinya termasuk daging babi cincang dan bok choy Shanghai. Dalam beberapa variasi, daun bawang cincang dan daun bawang ditambahkan. Untuk sup, basisnya biasanya dibuat dari campuran kecap, air dan sedikit bumbu, sebagian besar untuk memberi warna pada penampilan putihnya. (Putih adalah warna tabu bagi warga Cina tradisional karena dikaitkan dengan kematian).

Daging babi cincang tetap menjadi bahan paling populer, tetapi masakan internasional telah menginspirasi banyak varietas baru seperti, ayam dengan jamur, wortel, kacang dengan jagung, sayuran yang diawetkan dengan jamur hitam.

Wonton Sichuan

Dikenal sebagai “Chao Shou” (tangan bersilang), memiliki pembungkus putih dan relatif tebal. Chao Shou direbus dan disajikan dalam saus yang sangat pedas, seperti halnya dalam semua masakan Sichuan.

Namanya berasal dari cara membungkusnya. Pembungkus pertama kali dilipat menjadi bentuk segitiga dan dua sisi segitiga dibawa ke depan, saling tumpang tindih, menyerupai seseorang yang sedang melipat tangannya.

Wonton Shanghai juga dilipat menjadi segitiga, tetapi hanya sedikit lipatannya. Untuk gaya Kanton, wonton dibungkus dengan menyatukan keempat sudut dan ditekan. Wonton Kanton pertama kali muncul sebagai makanan jalanan, dan penjaja harus menemukan cara tercepat untuk membungkus wonton.

Apa Perbedaan Antara Jiaozi (Gyoza) dan Wonton?

Jiaozi, atau Gyoza dalam bahasa Jepang, pada dasarnya adalah potsticker, mereka memiliki balutan yang lebih tebal, dengan tekstur yang mirip dengan balutan ravioli yang tebal. Mereka juga mengambil bentuk yang lebih panjang, lebih datar, seperti tanduk. Tergantung pada daerah di Cina Anda, dapat mencicipi jiaozi yang terbuat dari daging babi, sapi, domba, ayam atau ikan yang dicampur dengan berbagai macam sayuran. Jiaozi bisa direbus, dikukus, atau digoreng, dan disajikan dengan saus. Cuka merah, kecap, dan saus cabai adalah yang paling populer.

Artikel Terkait

Manfaat Kesehatan Luar Biasa Dari Guarana Berry

FPadmin

5 Buah-buahan Rendah Gula dan Tinggi Serat Untuk Konsumsi Harian Anda

FPadmin

Resep Pasta Sehat Yang Menakjubkan

FPadmin

Resep Baru Masakan Unik Yang Dapat Anda Buat Dengan Panggangan

FPadmin

Fakta Unik Tentang Sejarah Es Krim

FPadmin

10 Makanan Terbaik Untuk Kulit Anda

FPadmin

Beri Komentar

* Email anda tidak akan dipublikasikan

* Dengan menggunakan kolom komentar ini anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data anda oleh situs ini.

Situs ini menggunakan cookie untuk meningkatkan performa anda di situs ini. Kami anggap anda setuju dengan hal ini. OK LEBIH LANJUT